Header Ads

Kampung Lukis Sanan Sebagai Kampung Tematik di Kota Malang

Upaya untuk menggali kearifan lokal kini sedang gencar-gencarnya dilakukan, khususnya melalui model pengembangan wisata berbasis kampung tematik. Mulai dari Kota Bandung, Semarang, Surabaya hingga Malang, serius ingin mengangkat kembali unsur lokalitas dengan konsep tematik di setiap wilayahnya. Khususnya lagi di Kota Malang, diakui banyak memiliki potensi wisata berbasis lokalitas tersebut namun belum digarap secara maksimal.






Tren munculnya Kampung Wisata Tematik, kini seolah menjadi fenomena yang mampu mencuri perhatian publik. Tak hanya ditataran lokal saja namun juga di level dunia internasional. Diawali dengan munculnya Kampung Budaya Celaket yang terkenal dengan even tahunan berskala internasional, ICCCF (International Celaket Cross Cultural Festival) dan Kampung Glintung Go Green dengan gerakan penghijauan serta pembuatan sumur resapan biopori beberapa tahun silam, lantas kini muncul pula kampung – kampung tematik lain hasil inisiatif dari masyarakat bersama akademisi seperti halnya Kampung Warna Warni Jodipan, dan Kampung Tridi (Tiga Dimensi) di Kelurahan Kesatrian.

Sementara itu, berdasarkan fenomena itu dan melihat antusiasme tinggi dari wisatawan yang berkunjung ke kampung-kampung wisata tersebut, Pemerintah Kota Malang pun mentargetkan 57 Kelurahan yang ada di Kota Pendidikan ini bisa memunculkan kampung wisata tematik baru pada tahun 2016 ini.




Berangkat dari inspirasi inilah, sejak bulan nopember 2016 warga kampung Sanan terutama di wilayah RW 15 berupaya mempercantik lingkungan sekitarnya. Selain menggalakkan penanaman bunga ada juga yang cukup menarik perhatian masyarakat di Kota Malang yaitu kegiatan mengecat serta melukis di setiap tembok warga agar indah dipandang. Dikarenakan hal inilah sehingga Kampung Wisata Sanan mendapat julukan Kampung Lukis Sanan Malang.



3 komentar:

  1. wah di sanan juga ada ya.
    iya sih Pak, ini klo gak salah masih rangkaian lomba Keluarahan di salah satu koran itu.

    BalasHapus
  2. Senaangnya kini makin banyak kampung wisata di Malang.

    BalasHapus
  3. bisa sebagai sarana untuk melampiaskan hobi juga ni...keren banget min

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.